Skip to main content

Media Hipster dan Biro Jodoh



Anda kenal Felix Miller? Anda kenal Richard Jones?
Jika belum kenal, maka, perkenalkan, beliau-beliau ini adalah salah dua dari pencipta situs web paling keren sepanjang sejarah: Last.fm.

Last.fm, situs web pertemanan seperti facebook atau twitter, dengan konsep utamanya adalah: ajang berbagi playlist musik. Felix Miller berhak untuk tidak setuju dengan terminologi asal-asalan yang saya bikin itu. Tapi kenyataannya, saya memakainya untuk itu, untuk berbagi playlist musik.

Kegiatan berbagi playlist ini akan berujung pada penemuan artis-artis baru yang tidak terkenal tapi lagunya bagus. Terdengar seperti kegiatan seorang hipster? Memang. Last.fm adalah salah satu alat termudah untuk menjadi hipster.


Sering terjadi, ketika saya menyetel lagu-lagu dari perangkat komputer, teman-teman saya bertanya:

"Lagu-lagu lo aneh-aneh.... tapi enak-enak sih"

Hipster sekali, bukan?

Teman-teman saya tidak tahu kalau saya punya akun last.fm

Last.fm adalah situs web yang memungkinkan penggunanya untuk mengumumkan kepada dunia, lagu apa yang sedang ia dengarkan. Berbeda dengan hashtag #nowplaying nya twitter (saya tidak mengerti itu hashtag maksudnya apa). Last.fm mengijinkan penggunanya untuk mengunduh plugin bernama "scrobbler", yang bisa diinstall di perangkat komputer, maupun gadget seperti smartphone atau ipod.

Scrobbler akan merekam data musik yang anda putar, mengirimnya ke server, lalu mempublikasikannya ke halaman last.fm anda. Kegiatan ini diberinama "Scrobling". Hasil scrobbling akan mengantarkan anda pada segudang artis-artis lain yang masih berada dalam satu genre.

Bah! Apa hebatnya?

Memang kesannya biasa-biasa saja. Tapi inti sosial media adalah berbagi. Di facebook anda berbagi foto, di Twitter anda berbagi kegalauan, nah, di Last.fm, anda berbagi selera musik. 

Jika ada dua orang asing bertemu, lalu mulai berkenalan, lalu menemukan bahwa selera musiknya sama, lalu mereka berjodoh. Ah! Ah! Ah! Saya yakin baik Felix Miller maupun Richard Jones tidak akan menduga kalau teknologi yang mereka ciptakan ini juga berpeluang menjadi biro jodoh. Karena di jaman modern seperti tahun 2012 ini, keberuntungan seperti yang dialami oleh Lupus (yang kakinya diinjak oleh seorang cewek di bis kota, lalu mereka berkenalan. Turun dari bis, mereka hang out bareng)... Hal-hal seperti itu sudah jarang sekali terjadi.

Bagi perkembangan industri musik, teknologi semacam ini bisalah dikategorikan sebagai tepat guna. Orang bisa saja mengatakan situs tersebut sebagai media sosial, ajang menjadi hipster, atau untuk mencari jodoh. Tapi satu hal yang pasti adalah: situs tersebut merupakan database musik yang (mungkin) terbesar didunia.

Sebenarnya saya pernah punya pemikiran yang serupa. Saya pernah bikin konsep tentang aplikasi berbasis web yang memungkinkan orang untuk memamerkan selera musiknya. Tapi konsep saya itu benar-benar mengarah ke situs perjodohan sih..

Syukurlah kertas corat-coretan konsep tersebut hilang keesokan harinya.

Popular posts from this blog

Mitos Pencuri Buah

Buah itu rasanya kecut, membuat lidah serasa dicubit, sensasinya mirip seperti kalau kamu menggigit jambu monyet. Bentuknya bulat, seperti tomat kecil, warnanya jingga.

“Cobalah, ini enak kalau dibuat rujak” kata seorang teman pada seorang teman yang lain, anak baru dari jawa.

Digigitnya buah itu, lalu teman baru dari jawa itu memuntahkannya seketika.

“Nggak enak! Sepet!!” katanya. Kami semua tertawa, selalu menyenangkan 'menyiksa' kawan baru dengan buah dari pohon perdu ini. Kami tidak bisa membayangkan bagaimana reaksinya kalau kawan baru ini ditawari makan buah Kecacil, yang rasanya kecut luar biasa.

Bekul, demikian orang Bali menyebut nama buah itu. Pohonnya yang pendek penuh duri, dulu mudah ditemui di sepanjang perjalanan menuju pantai kuta. Tepatnya di perkampungan di sebelah barat jalan legian. Belakangan saya temui, nama latin buah ini ‘Ziziphus mauritiana‘.


“Sebaiknya jangan banyak banyak makan buah bekul, bisa sempengot!” begitu nasehat kami dulu. Teman bar…

Begini cara saya membuat media center secara murah

Saya gemar menonton film. Sebagian besar isi harddisk di laptop saya habis terpakai untuk menyimpan file-file film dan serial TV. Suatu hari saya bosan menonton film di laptop. Saya ingin menonton film dan serial dari layar TV saja. Syukurlah sekarang sudah ada berbagai perangkat yang memungkinkan saya memutar film di laptop tapi munculnya di layar TV.

Perangkat yang saya maksud disini tak lain tak bukan ialah Chromecast. Ia adalah perangkat kecil yang memungkinkan laptop dan gadget berkomunikasi dengan TV. Singkatnya, membuat TV biasa menjadi berasa kayak Smart TV. Syarat utamanya: ada jaringan wifi.

Perangkat mini ini bekerja dengan sangat baik. Buat pemalas kayak saya, alat ini membuat hidup saya tambah bahagia sedikit. Nonton video-video streaming dari gadget, tapi hasil streamingnya tersaji di TV. Iklan-iklan Youtube juga jadi hilang kalau diputarnya via Chromecast. Menyenangkan sekali.

Bagaimana dengan memutar film-film dari laptop? Tentunya banyak pilihannya. Banyak yang grati…

5 Aplikasi Musik Terbaik Untuk Anak-anak (Versi Android)

Joey Alexander, pianis asal Indonesia yang muda belia itu masuk nominasi Grammy. Sontak publik Indonesia pun bersorak sorai. Ini prestasi yang sangat membanggakan. Di usia yang semuda itu..

Sementara Joey sibuk dengan komposisi jazz yang njelimet dan ampun-ampunan rumitnya, banyak anak-anak lain yang tepekur menghadapi layar tabletnya, mungkin bermain game, nonton youtube, atau mulai bersosial media, atau jangan-jangan main last.fm? Hehehe :P

Nah, bagaimana jika ternyata ada aplikasi-aplikasi musik yang ditujukan bagi para anak-anak muda belia ini? Berikut ini ada 5 aplikasi musik yang baik buat anak-anak. Untuk edisi ini, kita lihat untuk versi Android dulu, dan di postingan selanjutnya, kita akan melihat versi Iosnya..

1. Easy Music for kids
Aplikasi ini didesain untuk merangsang musikalitas anak-anak, mengenalkan mereka pada konsep nada, pitch, rhythm, and melodi. Di aplikasi ini, anak-anak akan dipandu oleh karakter-karakter kartun yang tentunya lucu dan menyenangkan. Aplikasi in…