Skip to main content

Adaptasi Cerpen ke Bentuk Lain

Apakah anda gemar membuat, atau membaca cerpen? Jika iya, pernahkah terlintas untuk mengadaptasi cerpen yang anda sukai ke bentuk-bentuk lain, misalnya film pendek.

Ada satu cerpen yang sangat saya sukai, judulnya ‘On seeing the 100% perfect girl one beautiful April morning’. Cerpen itu ditulis oleh Haruki Murakami, pengarang Jepang yang sangat populer, dan sampai sekarang masih produktif dengan karya-karya fiksinya yang asyik nan seru.

‘On seeing the 100% perfect girl one beautiful April morning’ ini mengisahkan sebuah kejadian yang sangat biasa, sangat sehari-hari, yang memang menjadi ciri khas tulisan-tulisan Murakami.

Kisahnya, ada seorang lelaki yang berpapasan dengan seorang wanita di sebuah jalan di kawasan Harajuku, Tokyo. Nah, si lelaki ini tiba-tiba merasa, jangan-jangan wanita yang oleh Murakami digambarkan sebagai wanita yang tidak terlalu cantik itu, merupakan gadis yang 100% sempurna, dan laki-laki itu 100% sempurna bagi si gadis. Jika mereka menjadi sepasang kekasih, mereka akan menjadi pasangan yang 100% sempurna pula.

Oleh Murakami, kelebatan pikiran sang laki-laki tentang menjadi pasangan 100% sempurna itu digambarkan dengan seru dan lucu. Murakami membangun cerita tersendiri di dalam cerpennya sehingga dalam cerpennya itu, seolah-olah ada dua cerita. Tapi kenyataannya, laki-laki itu hanya berpapasan, kemudian menyaksikan wanita yang mungkin 100% sempurna baginya itu menghilang di sudut jalan.

Cerpen ini sangat populer. Jika kita ketik judul ‘On seeing the 100% perfect girl one beautiful April morning’ di Youtube, maka kita akan mendapati banyak video yang mengadaptasi cerpen ini. Ada yang bagus, ada yang kurang bagus. Dari sekian banyak Video tersebut, saya paling suka garapan Naoto Yamakawa.

Kalau anda juga mau coba-coba membuat, prosesnya tidak terlalu rumit, cukup dengan handy Cam, lalu di edit dengan program editing, misalnya Adobe Premiere. Atau jika kreatif, bisa juga memakai kamera foto biasa, nanti foto tersebut di rangkai, di gerakkan dengan Adobe Premiere.

Siapa tau, dari iseng-iseng begini, kita malah mendapat hobi baru, hobi bikin film pendek. Atau kalau beruntung, malah bisa jadi penulis skenario untuk televisi atau film bioskop. Disamping itu, kompetisi untuk film pendek juga seringkali diadakan. Dari Jakarta, Bandung, Jogja, Solo, Surabaya, hingga ke daerah-daerah pelosok. Jika di daerah anda ada komunitas film pendek, biasanya mereka akan rutin menggelar kompetisi film pendek. Atau jika ingin yang lebih luas scope nya, bisa mengikuti misalnya Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF).


Gimana, mau nyoba?

————————————————-
NB:

Cerpen Murakami pernah iseng-iseng saya terjemahkan di bookrix, situs penyedia ebook. Walaupun Anton Kurnia pernah menerjemahkannya dengan lebih sempurna, di muat di Suara Merdeka. Yah, namanya juga iseng. Silahkan lihat di: Bookrix

Berikut ini film pendek garapan Naoto Yamakawa adaptasi cerpen Murakami:


A Girl She is 100 Percent by toruvideo

Popular posts from this blog

Mitos Pencuri Buah

Buah itu rasanya kecut, membuat lidah serasa dicubit, sensasinya mirip seperti kalau kamu menggigit jambu monyet. Bentuknya bulat, seperti tomat kecil, warnanya jingga.

“Cobalah, ini enak kalau dibuat rujak” kata seorang teman pada seorang teman yang lain, anak baru dari jawa.

Digigitnya buah itu, lalu teman baru dari jawa itu memuntahkannya seketika.

“Nggak enak! Sepet!!” katanya. Kami semua tertawa, selalu menyenangkan 'menyiksa' kawan baru dengan buah dari pohon perdu ini. Kami tidak bisa membayangkan bagaimana reaksinya kalau kawan baru ini ditawari makan buah Kecacil, yang rasanya kecut luar biasa.

Bekul, demikian orang Bali menyebut nama buah itu. Pohonnya yang pendek penuh duri, dulu mudah ditemui di sepanjang perjalanan menuju pantai kuta. Tepatnya di perkampungan di sebelah barat jalan legian. Belakangan saya temui, nama latin buah ini ‘Ziziphus mauritiana‘.


“Sebaiknya jangan banyak banyak makan buah bekul, bisa sempengot!” begitu nasehat kami dulu. Teman bar…

Begini cara saya membuat media center secara murah

Saya gemar menonton film. Sebagian besar isi harddisk di laptop saya habis terpakai untuk menyimpan file-file film dan serial TV. Suatu hari saya bosan menonton film di laptop. Saya ingin menonton film dan serial dari layar TV saja. Syukurlah sekarang sudah ada berbagai perangkat yang memungkinkan saya memutar film di laptop tapi munculnya di layar TV.

Perangkat yang saya maksud disini tak lain tak bukan ialah Chromecast. Ia adalah perangkat kecil yang memungkinkan laptop dan gadget berkomunikasi dengan TV. Singkatnya, membuat TV biasa menjadi berasa kayak Smart TV. Syarat utamanya: ada jaringan wifi.

Perangkat mini ini bekerja dengan sangat baik. Buat pemalas kayak saya, alat ini membuat hidup saya tambah bahagia sedikit. Nonton video-video streaming dari gadget, tapi hasil streamingnya tersaji di TV. Iklan-iklan Youtube juga jadi hilang kalau diputarnya via Chromecast. Menyenangkan sekali.

Bagaimana dengan memutar film-film dari laptop? Tentunya banyak pilihannya. Banyak yang grati…

5 Aplikasi Musik Terbaik Untuk Anak-anak (Versi Android)

Joey Alexander, pianis asal Indonesia yang muda belia itu masuk nominasi Grammy. Sontak publik Indonesia pun bersorak sorai. Ini prestasi yang sangat membanggakan. Di usia yang semuda itu..

Sementara Joey sibuk dengan komposisi jazz yang njelimet dan ampun-ampunan rumitnya, banyak anak-anak lain yang tepekur menghadapi layar tabletnya, mungkin bermain game, nonton youtube, atau mulai bersosial media, atau jangan-jangan main last.fm? Hehehe :P

Nah, bagaimana jika ternyata ada aplikasi-aplikasi musik yang ditujukan bagi para anak-anak muda belia ini? Berikut ini ada 5 aplikasi musik yang baik buat anak-anak. Untuk edisi ini, kita lihat untuk versi Android dulu, dan di postingan selanjutnya, kita akan melihat versi Iosnya..

1. Easy Music for kids
Aplikasi ini didesain untuk merangsang musikalitas anak-anak, mengenalkan mereka pada konsep nada, pitch, rhythm, and melodi. Di aplikasi ini, anak-anak akan dipandu oleh karakter-karakter kartun yang tentunya lucu dan menyenangkan. Aplikasi in…