Musisi Kelahiran Indonesia di Album The Beach Boys Yang Tertunda



Ketika Neil Armstrong berhasil mendarat di Bulan, Darian Sahanaja mendaratkan kakinya di Amerika Serikat. Ia menyaksikan Neil Armstrong di layar televisi hitam putih.


Darian Sahanaja adalah musisi kelahiran Indonesia yang tangan dinginnya telah membantu legenda musik dunia, Brian Wilson (pendiri The Beach Boys) untuk melahirkan proyek albumnya yang sempat tertunda sejak tahun 1966. Brian Wilson berterima kasih kepada Darian Sahanaja, karena album yang berjudul Smile itu akhirnya rampung juga pada tahun 2004.


The Wondermints

Tahun 1992, Darian Sahanaja membentuk grup musik bernama The Wondermints, bersama Nick Walusko dan Mike D’Amico. Grup musik ini pernah diminta secara pribadi oleh Aktor Komedi Mike Myers, untuk mengisi soundtrack film Austin Powers: International Man of Mystery.

Tahun 1999, The Wondermints bergabung dengan Brian Wilson, menjadi Band Pengiring untuk konser-konser Brian Wilson, bersama dengan musisi-musisi lain yang berhasil ditarik oleh Brian Wilson. Paul McCartney pernah mengatakan bahwa Band Pengiring Brian Wilson ini merupakan salah satu Band terbaik di dunia. Dalam salah satu DVD live concert Brian Wilson, memang terlihat Paul McCartney ditengah-tengah penonton, bertepuk tangan dengan antusias, memberikan standing ovation untuk penampilan Brian Wilson.

Album Legendaris Yang Tertunda


Brian Wilson sebenarnya akan merilis album Smile sebelum The Beatles merilis Sgt. Peppers, tapi anggota The Beach Boys menolak merilisnya, karena materinya di anggap terlalu berat. Jika saja waktu itu The Beach Boys jadi merilisnya, bisa jadi album ini akan bertengger di puncak Top Album sepanjang masa.

The Beatles dan The Beach Boys, dua nama yang kelewat besar dalam Industri Musik Pop. The Beatles punya John Lennon dan Paul McCartney, sementara The Beach Boy Memiliki Brian Wilson. Kemampuan Brian Wilson untuk menciptakan harmoni sudah tak perlu di ragukan lagi. Untuk urusan harmonisasi vokal, The Beach Boys berada di atas The Beatles.

Tapi soal inovasi, The Beatles memang susah dilawan. Bahkan Brian Wilson pun terpaksa mengubah arah musik The Beach Boys dengan nuansa eksperimental dalam album Pet Sounds, gara-gara mendengar Rubber Soul-nya The Beatles. Begitu pula sebaliknya, “Strawberry Fields Forever” dan “A Day in the Life”, menurut Paul McCartney, merupakan karya The Beatles yang lahir akibat mendengarkan “Good Vibrations” milik The Beach Boys.

Oleh banyak media, Good Vibrations dinobatkan sebagai salah satu lagu terbaik sepanjang masa.

‘Good Vibrations’ ini direncanakan masuk dalam album Smile. Sayangnya, album itu terbengkalai, Good Vibrations hanya beredar dalam wujud single. Sampai akhirnya, Brian Wilson memutuskan untuk melanjutkan proyek terbengkalai ini. Ia menggaet Van Dyke Parks, penulis lirik, dan Darian Sahanaja, musisi pop yang penuh dengan nuansa orkestra.

Album Smile ini mendapat sambutan yang bagus dari para kritikus musik.

Membantu Brian Wilson Mendapatkan Harmoni

Pertengahan 60-an, upaya Brian Wilson untuk menandingi The Beatles menyebabkannya terjerumus dalam pemakaian LSD, Marijuana, dan Kokain. Begitu parahnya sehingga membuat kesehatan mentalnya terganggu. Alhasil, Ia tidak sanggup menulis lagu lagi. Ia lalu menyerahkan tampuk kepemimpinan The Beach Boys kepada adiknya, Carl Wilson.

Setelah mendapat terapi dan perawatan, akhirnya pada tahun 1988, Brian Wilson siap kembali menjadi musisi. Tidak lagi membawa nama The Beach Boys, ia menjalani solo karir. Pengaruh penggunaan obat-obatan itu masih ada. Brian Wilson kehilangan suara falsetto nya yang khas. Ide-ide tentang harmoni vokal tentu masih ada dalam kepala Brian Wilson, hanya saja, suaranya sendiri sudah menurun drastis kualitasnya. Inilah yang menjadi tugas band pengiring Brian Wilson. Mereka harus membantu Brian Wilson mewujudkan harmoni yang telah ia ciptakan lewat notasi.

Beruntung, Darian Sahanaja adalah musisi yang juga gemar mengesplorasi harmoni. Ia handal dalam mengomposisi string, membuat lagu pop bernuansa orkestra yang megah. Selain itu, Darian Sahanaja juga sanggup mengisi backing vokal dengan baik, yang selama ini menjadi ciri khas lagu-lagu ciptaan Brian Wilson.
Brian Wilson, musisi legendaris itu tentu sangat berterima kasih kepada Darian Sahanaja.

—————————————————————————-

Tentang Darian Sahanaja: http://en.wikipedia.org/wiki/Darian_Sahanaja
Tentang Album Smile: http://en.wikipedia.org/wiki/Smile_%28Brian_Wilson_album%29

Comments

Popular posts from this blog

Belajar Menulis Fiksi Dengan Bantuan MacGuffin

Meminjam Pistol Anton Chekhov

Senarai 24 Kisah dari Kampung Fiksi